Ramadhan Tahun 2024

Administrator 27 Maret 2024 11:40:50 WITA

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT. Umat muslim perlu memanfaatkannya sebaik mungkin karena hanya datang sekali dalam setahun.

Dari awal hingga akhir bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan atau keutamaan tersebut bisa memberikan keuntungan sekaligus manfaat bagi umat muslim yang mengisi bulan ini dengan amalan-amalan.

Salah satu keistimewaan Ramadhan ialah jadi bulan diturunkannya kitab suci Al-Qur'an. Sudah bukan rahasia lagi apabila Al-Qur'an merupakan kitab suci yang jadi pedoman atau petunjuk bagi umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia.

Di dalam kitab suci ini berisikan firman Allah yang bisa menuntun umat muslim untuk selalu berada di jalan yang benar. Dengan menjalani kehidupan sehari-hari sembari berlandaskan kitab suci Al-Qur'an, maka hati akan lebih dekat Allah SWT.

Karena termasuk bulan diturunkannya Al-Qur'an, umat muslim juga perlu memanfaatkannya sebaik mungkin. Misalnya saja dengan membaca sekaligus mempelajari Al-Qur'an, menghafal surat yang ada di dalamnya, maupun mengajarkannya ke orang lain.

Hal ini lantaran akan terasa sayang dan kurang bermanfaat jika belajar atau bisa membaca Al-Qur'an, namun tak mengajarkannya ke orang lain. Sudah semestinya umat muslim berbagi ilmu karena lebih mulia dan menguntungkan.

Keistimewaan yang lainnya adalah merupakan bulan yang penuh kebersamaan. Mengapa demikian? Alasannya ialah Ramadhan menjadi salah satu momen untuk saling berbagi dengan sesama. Misalnya berbagi makanan untuk buka puasa atau sahur kepada orang yang membutuhkan.

Melalui Ramadhan, persatuan umat muslim memang bisa lebih erat. Hubungan antar sesama anggota keluarga juga bisa lebih baik di bulan ini.

Disamping itu Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan. Mengetahui hal itu, umat muslim jangan sampai lupa untuk memohon ampunan sebanyak mungkin kepada Allah SWT di bulan Ramadhan Tahun 2024 ini.

Manusia memang tak bisa lepas dari kesalahan atau dosa. Baik itu dosa karena sengaja atau tak sengaja.Menyadari akan dosa tersebut, umat muslim sudah seharusnya memohon ampunan. Jangan sampai karena dosa jadi penghalang masuk surga dan menjerumuskan ke neraka.

Selama momen Ramadhan pun, ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa. Mulai dari saat buka puasa, antara adzan serta iqomah, sesudah Ashar di hari Jumat, dan lainnya.

Gunakan waktu mustajab tersebut untuk berdoa kepada Allah SWT. Pastinya tidak akan ada penghalang yang bisa menghambat doanya.

Kami Pemerintah Desa Kaliasem mengucapkan “Selamat Menjalankan ibadah puasa” semoga diberi kemudahan dan kelancaran sehingga bisa menunaikan ibadah puasa dengan baik.

Komentar atas Ramadhan Tahun 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Kaliasem

tampilkan dalam peta lebih besar